Situs yang bisa menambah wawasanmu tentang dunia

Bayangkan seberapa luas bumi ini, bayangkan juga betapa sempitnya bumi ini. Manusia itu makhluk yang mendominasi di bumi ini, setuju gak?. Boro-boro mikir gituan, mikir nyari kerjaan dan uang aja susah, mungkin begitu sebagian pendapat orang – orang disekitarmu. Yah begitulah kita dididik , hidup untuk mencari uang, bersyukur, bertahan hidup dan nyiapin uang buat Hari Raya hehehe.

 

awake_by_t1na-dbs3bhj
Awake, oleh t1na di DevianArt. sumber : deviantart.com/art

Tapi ada yang lupa kawan, bahwa saking luasnya alam ini, sampai kita lupa ada apa aja di permukaan bumi kita. Ingatnya cuma orang – orang di kantor, yang ngetrend di Jakarta, yang viral di Indonesia, politiklah, uang negara lah, mengecam – mengecam – mengecam, sampai kamu lupa apa aja yang sudah dilakukan manusia – manusia di sisi yang lain.

Buka lebar – lebar otak kalian, biar kalian tahu hidup tidak sesempit sabang sampai merauke hehehe. Ini dia situs – situs yang mengagumkan mengagumkan menurutku :

Tim Flach

Military-Macaw-Flying-1600x1021
Military Macaw (Ara militaris) Range: Mexico to Argentina IUCN Red List status: Vulnerable
diambil oleh Tim Flach. sumber : timflach.com

Tim Flach adalah seorang fotografer hewan dengan ketertarikan mengekplorasi emosional para hewan. Di sini kamu akan banyak kamu temui foto – foto hewan yang menakjubkan, bahkan sebagian besar hewan – hewan yang endangered atau terancam punah. Mereka (Tim Flach) akan menunjukkan kepada kita, bahwa kehidupan para hewan di bumi ini tak sesederhana itu, ada emosional yang mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang menghargai alamnya.

Dia fokus pada 4 jenis subjek hewan yaitu : Equus (2008) focusing on the horse, Dogs Gods (2010) on canines, More Than Human (2012) a broad exploration of the world’s species, and Endangered (2017) a powerful document of species on the edge of extinction. Dia telah menerbitkan lima buku : Endangered (2017), Evolution (2013), More than Human, (2012), Dogs Gods (2010) and Equus (2008).

Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi timflach.com.


Vice

screenshot-from-2018-02-18-10-30-20.png
Suicide Forest in Japan, sumber : Youtube.com di channel Vice.

Original reporting and documentaries on everything that matters in the world. Vice Media LLC adalah media digital dan pemberitaan yang berada di New York (awalnya Vice magazine di Montreal, Cuebec, Canada). Didirikan oleh Suroosh Alvi, Shane Smith, dan Gavin McInnes. Seperti slogannya, Vice memberitakan hampir seluruh dunia dengan masing – masing edisi per negara.

Vice edisi Indonesia juga ada. Berita yang pernah saya lihat pun menginspirasi. pertama kali saya tahu Vice ini dari channelnya di youtube. Kesan pertama kali nonton documentary di channelnya membuat saya kaget, ternyata dunia di luar seperti itu, waktu itu saya melihat channel tentang The Aokihagara Forest. Aokihagara adalah hutan tempat orang jepang untuk mengakhiri hidupnya karena putus asa atau disebut Seppuku/harakiri. Sang cameraman bersama seorang geologist yang terbiasa di Aokihagara, sehingga dijelaskan kenapa hal tersebut terus berlangsung hingga saat ini.

Bagi kalian yang ingin keluar negeri, tertarik ingin hidup di luar negeri, atau hanya ingin menyalahkan kaum barat saja. Nah ini cocok menambah wawasan kalian tentang suasana asli luar negeri dan budayanya, sebelum menghakimi bumi  dengan pikiran sempit kalian hehehe. Selamat menikmati. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi Channel Vice Youtube atau vice.com.


National Geographic

grizzly-text.png
The Endangered Species Act is one of the strongest, most effective wildlife protection laws in the world. sumber : racingextinction.com

Siapa yang tidak tahu National Geographic, di jalanan saja banyak orang memakai kaos atau tas berlambang persegi vertikal dengan frame orange. Hampir semua anak generasi millenium sudah menonton di tv, entah pas scene masuk rawa – rawa, mencari ular, merayap bersama semut. Tapi apakah kalian pernah membuka situsnya?. Coba deh kalian browsing dan baca – baca di sana, bakalan kamu nemuin hal – hal baru yang memenuhi otakmu. Juga ada National Geographic Society yang merupakan organisasi global non-profit untuk menjelajah dan melindungi planet kita. Untuk lengkapnya kunjungi saja nationalgeographic.com dan nationalgeographic.org (ini NatGeo Society). Satu lagi yang tidak boleh terlewatkan, dan kamu harus menonton ini biar kamu sadar, coba tonton film Racing Extinction.

Racing Extinction sebenarnya adalah film dokumentari tentang kepunahan massal di bumi dan upaya dari para ilmuwan, aktivis dan jurnalis untuk mendokumentasikannya. Film tersebut meraih satu nominasi Academy Award, untuk Lagu Asli Terbaik, dan satu nominasi Emmy. Racing Extinction tayang perdana di Festival Film Sundance 2015, disusul oleh perilisan teater terbatas, dengan penayangan siaran seluruh dunia dalam The Discovery Channel di 220 negara atau teritorial pada 2 Desember 2015. Gitu sih kata Wikipedia.

Tapi menurut saya, film ini benar – benar  membuat kita sadar betapa berharganya untuk melestarikan flora dan fauna di bumi. salah satu wilayah Indonesia juga masuk dalam film ini, karena perburuan massal Manta Ray atau sejenis ikan Pari yang terbesar di spesiesnya. Kunjungi lebih lengkap di racingextinction.com.


GitHub

screenshot-from-2018-02-18-12-05-24.png
About GitHub. sumber : github.com/about

Git adalah perangkat lunak pengontrol versi atau proyek manajemen kode perangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds, itu kata wikipedia sih. Sedangkan GitHub (bacanya githab -red) adalah layanan penginangan web bersama untuk proyek pengembangan perangkat lunak yang menggunakan sistem pengontrol versi Git dan layanan hosting internet, itu juga kata wikipedia.

GitHub ini gampangnya adalah media penyimpanan cloud khusus untuk para programmer atau developer software. Kalo kalian gak tau cloud, cloud itu media penyimpanan online yang bisa diakses kapanpun, seperti One Drive, Google Drive, DropBox, iCloud, 4shared atau CRM Zoho(yang digunakan oleh pekerja Qu***er hehe). GitHub ini memberikan kontrol akses dan beberapa fitur kolaborasi seperti pelacakan bug (bukan serangga, tapi error di program kamu -red), permintaan fitur, manajemen tugas, dan wiki untuk setiap proyek.

Kenapa saya masukkan Github dalam list yang menambah wawasan, karena GitHub ini banyak sekali aplikasi open source yang dikembangkan untuk device kamu. Sekitar 20 juta pengguna dan 57 juta repository di seluruh dunia terdaftar disini. Untuk kalian yang belajar dunia programming, kalian harus tahu tentang ini. Tidak sedikit juga pengembang software bekerja bersama di GitHub dan menghasilkan app yang ada di iphone atau android kalian. So open your eyes and mind, dunia itu gak sesempit flesdisk (flashdrive). Untuk cara menggunakannya silahkan gunakan Youtube dan Mbah Google, dan lengkapnya silahkan kunjungi Github.


DeviantArt

brushes_by_aarongriffinart-da2snh1
BRUSHES, oleh AaronGriffinArt (salah satu karya yang diunggah oleh digital artist). sumber : deviantart.com

DeviantArt adalah komunitas karya seni, videografi, dan fotografi secara online. Situs ini telah diluncurkan pada 7 Agustus 2000, oleh Angelo Sotira, Scott Jarkoff, Matthew Stephens dan lainnya. DeviantArt menyusun karya – karya semua orang  disusun dalam struktur kategori, termasuk fotografi, digital art, traditional art, sastra, pembuatan film, UI untuk aplikasi, dan lainnya. Fitur tambahan termasuk “jurnal”, “jajak pendapat”, “kelompok” dan “portofolio”.

Di DeviantArt kalian bisa bebas mengunggah karya dan menjualnya, dan kalian juga bisa membuat halaman Portofolio sendiri, yang berisikan karya – karya kalian sendiri. pada Februari 2017 kemarin tercatat 26 juta pengguna dan 251 juta karya yang telah diunggah dari seluruh dunia. Untuk kalian yang ingin mengerti seni (kususnya seni visual) atau sekedar mencari inspirasi di seluruh penjuru dunia, gak ada salahnya bergabung di DeviantArt. Lebih lengkapnya silahkan lihat sendiri dan daftar aja (gratis hehehe) di DeviantArt.


Oke sementara itu dulu kawan, yah setidaknya nambah – nambah kegiatan untuk belajar menulis dan berbagi wawasan. Semoga menginspirasi untuk kalian semua.

Leave a comment